Aplikasi-Aplikasi yang Cocok untuk Belajar Pemrograman Dasar Melalui Gadget / Mobile Android



Halo para pengunjung, saya akan membahas tentang aplikasi-aplikasi yang anda bisa gunakan di dalam smartphone Android untuk belajar pemrograman terutama pemrograman dasar.
Ini merupakan cara alternatif untuk anda ingin belajar bahasa pemrograman tertentu tapi tidak punya komputer (PC) atau laptop.

Selama ini, anda hanya bisa belajar pemrograman dasar dengan menggunakan komputer (PC), atau laptop. Tapi, sekarang anda bisa belajar pemrograman dasar tanpa menggunakan hardware yang diatas, melainkan memakai gadget seperti Android yang dipakai oleh pengguna dalam jumlah bisa dikatakan terbanyak di negeri ini.

Emang sih dengan adanya Android, semakin mudah mencari informasi dimana anda berada, tapi tidak semua pengguna tahu bahwa gadget ini bisa membawa manfaat, salah satu untuk belajar, terutama untuk mempelajari ilmu komputer bagian programming. Bagi anda yang merasa siswa SMK TIK, atau mahasiswa jurusan IT / TI, atau SI, MI, dan sebagainya yang tidak memiliki komputer atau laptop.

Nah, kini anda bisa belajar pemrograman dasar atau coding dasar hanya dengan gadget Android anda.

Ini beberapa software atau aplikasi Android yang rekomendasi anda bisa diinstal di dalam gadget Android anda :

1. DroidEdit
Merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan semua bahasa pemrograman dalam satu paket. Jadi, kalau anda tidak mau banyak aplikasi, gunakan aplikasi ini saja sudah cukup kok. Namun, aplikasi ini menggunakan sistem manual, yang berarti anda harus mengetik kode program / perintah secara manual tanpa bantuan “Clue”.

2. PascalGUI
Merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat program melalui bahasa program Pascal. Jadi, bagi anda yang mendapat tugas dari guru atau dosen yakni membuat program sederhana menggunakan Pascal. Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Namun, aplikasi ini juga menggunakan sistem manual.

3. CppDroid
Merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat program melalui bahasa program C++. Jadi, bagi anda yang mendapat tugas dari guru atau dosen yakni membuat program sederhana menggunakan C++. Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Namun, aplikasi ini juga menggunakan sistem manual.

4. Programming Hub
Hampir sama dengan aplikasi DroidEdit, namun aplikasi ini ada tutorial pada beberapa bahasa program tertentu sehingga anda memudahkan untuk mengerti penggunaan dari kode bahasa program tersebut. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk belajar secara online. Dan aplikasi ini juga bisa menambahkan beberapa bahasa pemrograman yang belum ada pada bawaan aplikasi tersebut.

5. PHP Editor
Merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat program melalui bahasa program PHP. Jadi, bagi anda yang mendapat tugas dari guru atau dosen yakni membuat web dinamis sederhana atau sekedar belajar untuk membuat web dinamis. Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sudah termasuk MySQL dan Web Server (Apache) di dalamnya. Maka, anda bisa membuat web dinamis menggunakan sistem database. Namun, aplikasi ini menggunakan sistem manual.

6. AWD - PHP/HTML/CSS/JS IDE
Hampir sama dengan PHP Editor, yakni membuat web dinamis. Namun ini lebih enak karena ada opsi-opsi sebelum kita membuat web dinamis tersebut, dan tampilan GUI lebih menarik dari PHP Editor. Masalahnya, sedikit mobile Android yang mendukung aplikasi ini karena ada komponen / library tambahan.

7. DroidScript
Merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat program melalui bahasa program JavaScript. Di dalam aplikasi ini, ada tutorial setiap materi dan coding bahasa program JavaScript tersebut. Jadi, Anda dapat mempelajari bahasa program tersebut lebih mudah.

8. AIDE
Hampir sama dengan DroidEdit. Namun aplikasi ini hanya beberapa bahasa program yang tersedia dalam bentuk terpisah. Misalkan anda ingin belajar tentang bahasa program Java, anda harus memasang aplikasi AIDE for Java, atau misalkan anda ingin belajar tentang bahasa Program Android, anda harus memasang aplikasi AIDE for Android.

9. SoloLearn
Hampir sama dengan DroidEdit. Namun aplikasi ini hanya beberapa bahasa program yang tersedia dalam bentuk terpisah bahkan ada sertifikat bagi yang lulus. Anda bisa belajar berbagai bahasa pemrograman dengan aplikasi tersebut. Namun, INGAT! sertifikat ini tidak berlaku untuk melamar kerja atau penunjang prestasi anda untuk melanjutkan pendidikan karena sertifikat itu hanya menunjukkan kita telah LULUS! dari kelas bahasa pemrograman yang anda ikuti. Anda juga bisa berdiskusi dengan pengguna lain yang terdaftar dalam SoloLearn. Aplikasi ini bersifat online untuk beberapa fitur seperti forum, nonton video tutorial.

Tenang aja, semua aplikasi-aplikasi yang diatas saya pernah menggunakan kok. Yah palingan bermasalah yang dominan pada perbedaan versi aplikasi dengan versi Android OS yang digunakannya. :)

Kita sendiri harus membiasakan gadget-gadget yang digunakan dalam bentuk-bentuk positif dan bermanfaat seperti belajar, efisiensi tugas-tugas, dan selalu mencari informasi yang up-to-date.

Sekarang, sistem belajar semakin luas dan dimana-mana selalu ada, apalagi menggunakan gadget Android. Jadi, bagi anda yang tidak punya komputer atau laptop, tidak perlu khawatir lagi. Selama ada berusaha, pasti ada jalan keluar dan hasilnya.

Sekian, sampai jumpa di artikel berikutnya.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...