Pengenalan Bagian Pallete di App Inventor 2 - User Interface

User Interface adalah bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. User Interface segala sesuatu yang dirancang menjadi sebuah perangkat informasi yang mana seseorang dapat melakukan sebuah interaksi dengan komputer dengan mudah. Media yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan apliksi atau situs web diantaranya dapat berupa tampilan layar, keyboard, mouse dan penampilan desktop.

Tampilan pada Bagian UI di App Inventor 2


Disini akan membahas komponen-komponen pada User Interface yang ada pada App Inventor 2 :

Button : Suatu komponen UI yang berbentuk tombol yang berfungsi utama untuk klik pada event atau method.

CheckBox : Suatu komponen UI yang berbentuk ceklist atau centang yang berfungsi untuk memilih objek.

Date Picker : Suatu komponen UI yang berfungsi sebagai dari segala aktivitas servis menggunakan tampilan kalender.

Image : Suatu komponen UI yang berfungsi untuk menyisipkan gambar atau picture ke dalam screen. File ekstensi yang mendukung komponen ini yakni .jpg, .bmp, dan .png.

Label :  : Suatu komponen UI yang memiliki fungsi untuk menyisipkan teks ke dalam screen. Komponen ini tidak memiliki kemampuan editable sehingga hanya bisa dilihat, dan jika ada perubahan pada label, itu biasanya dari adanya aktivitas event atau method dari salah satu komponen.

List Picker : Suatu komponen UI seperti list menu yang memiliki fungsi untuk memilih salah satu dari indeks elemen yang ada di dalamnya dengan membuka screen baru.

List View : Suatu komponen UI seperti list menu yang memiliki fungsi untuk memilih salah satu dari indeks elemen yang ada di dalamnya pada screen saat ini.

Notifier : Suatu komponen UI yang berfungsi untuk menampilkan pesan kotak atau pemberitahuan yang berisi pesan informasi di dalam aplikasi. Di Android Studio, komponen ini namanya Toast.

Password TextBox : Suatu komponen UI yang berfungsi untuk tempat mengetik kotak teks dengan tipe karakter yang dikonversi oleh tanda (*) agar karakter asli tidak dapat dibaca yang lain.

Slider  : Suatu komponen UI yang berfungsi untuk mengatur nilai atau value dari 0 % - 100 %. Misalkan volume suara, pengaturan kontras.

Spinner  : Suatu komponen UI seperti ComboBox menu yang berfungsi untuk memilih salah satu dari indeks elemen yang ada.

TextBox : Suatu komponen UI yang berfungsi untuk tempat mengetik kotak teks untuk semua tipe karakter.

Timer Picker  : Suatu komponen UI yang berfungsi sebagai pengatur waktu dari segala aktivitas servis menggunakan tampilan jam analog atau stopwatch.

Web Viewer : Suatu komponen UI yang berfungsi sebagai menampung isi situs web dalam tampilan web mobile.


Sekian dari posting ini, sampai jumpa di posting berikutnya.
Terima Kasih.

Bagi yang melakukan kopas dalam bentuk apapun itu, JANGAN LUPA MENARUH SUMBER KAMI!!


No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...